Minggu, 20 November 2011

(S.O.P) MENYIAPKAN KLIEN UNTUK PEMERIKSAAN USG ABDOMEN


PENGERTIAN
Ultrasonografi (USG) adalah suatu pemeriksaan diagnostik non invasif dengan menggunakan gelombang frekuensi tinggi kedalam abdomen. Gelombang-gelombang ini dipantulkan kembali dari permukaan struktur organ sehingga komputer dapat menginterprertasikan densitas jaringan berdasarkan gelombang-gelombang tersebut.
  
TUJUAN
1.   Mendeteksi adanya massa diabdomen.
2.   Membedakan antara kista yang berisi air atau massa padat.
3.   Mengevaluasi dan memetakan organ di abdomen sebelum dilakukan biopsi.
4.   Mengevaluasi kelainan-kelainan lain yang terdapat dalam rongga abdomen.

NO

TINDAKAN

BOBOT

NILAI
BOBOT
X
NILAI

KETERANGAN
I
PENGKAJIAN


2



1.   Mengkaji program/instruksi medik untuk prosedur pemeriksaan USG abdomen.
2.   Mengkaji tingkat pengetahuan klien tentang prosedur yang akan dliakukan.
II
INTERVENSI




3



A.  Persiapan Alat :
1.   Status atau rekam medik klien.
2.   Hasil pemeriksaan diagnostik sebelumnya.
3.   Formulir pesanan pemeriksaan USG.
B.  Persiapan Klien :
1.   Menjelaskan pada klien dan keluarga tentang tujuan dan prosedur yang akan dilakukan.

III
IMPLEMENTASI






3



1.  Melaporkan / membuat perjanjian dengan petugas USG.
2.  Mencuci tangan.
3.  Membawa klien ketempat pemeriksaan dengan menggunakan kursi roda atau meja dorong (sesuai kondisi klien) bersama rekam medik dan formulir USG klien.
4.  Menjelaskan kepada klien prosedur yang akan dilalkukan.
5.  Menjamin kebutuhan privacy klien.
6.  Mengatur posisi klien (berbaring pada tempat pemeriksaan dan mengolesi jelly / lubricant pada area permukaan kulit yang akandiperiksa).
7.  Untuk USG kandung kemih : 2 jam sebelum pemeriksaan klien diberi banyak minum dan diminta menahan buang air kecil sampai pemeriksaan selesai.
8.  Merapihkan klien dan membawa klien kembali keruang perawatan.
9.  Mencuci tangan.






IV
EVALUASI

1



Mengevaluasi respon klien selama, dan sesudah prosedur.
V
DOKUMENTASI

1



1.  Mencatat tanggal dan waktu pemeriksaan.
2.  Mencatat respon klien selama, dan sesudah prosedur.
VI
SIKAP




1.  Sistematis.
2.  Hati-hati.
3.  Berkomunikasi.
4.  Mandiri.
5.  Teliti.
6.  Tanggap terhadap respon klien.
7.  Rapih.
8.  Menjaga privacy.
9.  Sopan.
TOTAL
10



1 komentar: